20 January 2012

Jangkaan Harga Emas mengikut 10 Pakar Emas Dunia

Assalamualaikum dan salam sejahtera. Pada waktu ini harga emas berada sekitar USD1670/oz dan ramai antara kita faham dan menerima maklumat bahawa emas ini akan terus meningkat. Adakah kita selidiki, dari mana datangnya maklumat ini?

Hari ini, saya terjemahkan sumber2 pandangan dan jangkaan mengenai peningkatan harga Emas global.

Peter Schiff 


 Peter Schif,President & Chief Global Strategist dari Euro Pacific Capital, menjangka harga emas akan mencapai USD 5,000/oz – USD 10,000/oz dalam 5-10 tahun akan datang , dengan alasan bahawa masyarakat dunia akan semakin takut dengan penurunan nilai (debasement) mata wang kertasnya diikuti krisis ekonomi, real estate, mortgage meltdown, credit crunch, subprime debacle dan entah apa lagi nama krisis-krisis berikutnya.






David Rosenberg
David Rosenberg, Mantan Merril Lynch Economist, Sekarang Chief Economist & Strategist di Gluskin Scheff, memberikan pandangan yang menurutnya masih konservatif di angka US$ 3,000/oz dalam waktu terdekat. Alasannya adalah : bila didasarkan pada ratio harga emas dan GDP tiga decade kebelakang, harga emas seharusnya berada pada US$ 5,300/oz. Bila disetarakan dengan CPI (Consumers Price Index) , maka harga emas seharusnya sudah berada sekitar US$ 2,300/oz. Bila ratio yang digunakan adalah ratio harga emas dengan jumlah wang M1, maka harga emas seharusnya sudah berada pada angka US$ 3,100/oz.


Alf Field

Alf, Tekenal di dunia sebagai World’s Best Gold Analyst telah menjangkakan, harga emas akan berada pada kadar US 5,000/Oz – US$ 10,000/Oz. Alasannya adalah bila mengikuti trend tahun 70-an ke 80-an dimana harga emas melonjak 24.3 x dalam 1 dekad, kenaikan emas dekad ini akan mencapai US$ 6,221/Oz yang merupakan gandaan harga terendah dekad ini US$ 256 x 24.3. Penyebab fundamentalnya adalah  krisis sekarang yang dia sebutnya sebagai systemic meltdown, dan pemerintah dunia membanjiri ekonomi dengan wang kertas untuk mengatasi krisis-krisis tersebut yang menyebabkan hilangnya nilai wang kertas.





 Forextraders.Com
Website foreign exchange ini menjangka harga emas akan berada pada kadar US$ 3,000/oz – US$ 4,000/oz dalam lima tahun mendatang. Alasannya orang semakin khuatir dengan kestabilan keewangan di US, sikap sambil lewa kerajaan US menangani problem social security, kredibiliti dollar yang terus merundum dan kelemahan fundamental ekonomi dunia.



Harry Schultz

Harry Schultz dari Newsletter berbayar : International Harry Schultz Letter, menjangka harga emas akan mencapai US$ 6,000/Oz tanpa memberi target waktu yang pasti. Alasannya adalah harga emas akan melonjak sangat tinggi bila terjadi hyperinflasi, sedangkan hyperinflasi adalah fenomena kewangan yang boleh terjadi secara mengejut, berbeza dengan fenomena ekonomi pada umumnya yang terjadinya secara gradual.



Egon von Greyerz


Egon von Greyerz, Managing Derector dari Matterhorn Asset Management – Swiss berkata, emas akan mencapai kadar US$ 5,000/oz – US$ 10,000/oz dalam beberapa tahun mendatang. Alasannya :  pertama bila real inflation seperti yang disajikan oleh Shadowstats.com digunakan untuk mengukur harga emas yang wajar, maka harga emas akan menjadi 6 kali dari harga sekarang. Kedua, realiti bahwa supply emas yang tidak akan pernah cukup untuk memenuhi demand terhadap emas yang tumbuh lebih cepat.





 Peter Cooper ( Penulis buku “Dubai Sabbatical : The Road to US$ 5,000 Gold), memperkirakan harga emas akan mencapai US$ 5,000/oz dalam waktu yang tidak terlalu lama. Alasannya adalah saat ini kerajaan di dunia melaksanakan rejim kadar faedah yang rendah untuk mengatasi krisis; pada masa kadar faedah rendah – obligasi pemerintah menjadi menarik. Namun situasi ini tidak akan bertahan lama, obligasi akan segera jatuh dan orang perlu menyimpan wang ditempat yang selamat – sebenarnya tiada tempat selamat dari obligasi kerajaan kalau bukan emas ?. Sedangkan supply emas selalu terbatas, maka bila ada lonjakan demand – yang pasti terjadi adalah lonjakan harga.



Peter Krauth


Peter Krauth (Expert ternama dibidang Metals and Mining Stocks) menjangka emas akan mencapai US$ 5,000/oz dalam beberapa tahun mendatang. Alasannya adalah : potensi inflasi yang semakin besar, lonjakan demand, Central Banks tidak lagi menjadi net sellers tetapi malah menjadi net buyers, dan krisis yang terus bermunculan seperti yang terjadi di PIIGS.






Arnold Bock

 Arnold Bock ( Komentator laman web emas paling terkenal di dunia Kitco.com).Menurut Arnold harga emas akan naik secara parabolic sampai mencapai US$ 10,000 pada tahun 1912. Dia memiliki enam alasan untuk prediksinya ini yaitu : a) kegagalan pemerintah-pemerintah membayar hutang; b)raksasa-raksasa financial dunia muflis; c) Inflasi dan devaluasi mata wang dunia; d) manipulasi harga emas sehingga masih ‘ rendah’ sekarang ; e) keterbatasan supply emas dibandingkan dengan peningkatan demand-nya; f) keperluan untuk melaburkan dana-dana di tempat yang selamat atau safe haven.